Minggu, 26 April 2009

PlayStation 3 Versus Wii


foto berita artikel

Menurut penelitian yang dilakukan 1up.com, Sony pada beberapa bulan lalu telah meluncurkan Playstation 3 (PS3), lalu disusul dua hari kemudian Nintendo merilis produk inovasi terbarunya, Wii, yang dijuluki generasi baru yang menawarkan kreativitas permainan game dipadu dengan fitur visual yang menarik. Kompetisi dari Sony dan Nintendo memang semakin memanas.

Namun, manakah yang lebih baik, PS3 atau Wii?

Segi Hardware. Sony, pencipta PS3, memiliki shiny black monolith dan menggunakan teknologi CELL chip yang terbuat dari delapan core processor untuk memudahkan customisasi di Xbox 360 dan Wii dalam penghitungan matematis. PS3 masih dianggap powerful dan merupakan produk elektronik tingkat tinggi, walaupun mahal harganya. Sedangkan Nintendo lebih berfokus kepada kekuatan proses dengan pilihan mekanisme kontrol baru yang inovatif. Namun, Nintendo tidak mengungkap detail cara kerja di dalam Wii, yang sebenarnya hampir sama dengan fitur GameCube. Namun, hardware Wii cukup bagus ketika tampil dalam bentuk game The Legend Zelda: Twilight Princess. Walaupun sepertinya generasi penerus Wii ini tidak sepopuler PS3, namun harga Wii masih lebih murah daripada PS3.

Segi Kontrol. PS3 memiliki 6 axis di bagian kontrol yang berbentuk DualShock pad, lebih ringan, didesain dengan ergonomic, lebih cepat, dan ketika teknologi vibrasi tidak berlaku, teknologi motion-sensing built-in akan cepat menggantikannya. Sementara game Wii dimainkan secara halus, seperti remote TV futuristic daripada dual-analog-stick controller yang biasanya. Game Wii menggunakan Wii-mote sebagai alat utama, sedangkan yang lain masih menggunakan motion-sensing dan teknologi akselerometer dalam berbagai cara. Bermain dengan Wii serasa baru dan unik, terutama dengan Nintendo DS semakin menjadikan Wii semacam produk yang inovatif.

Segi Online Plan. PS3 dapat dikoneksikan ke jaringan PlayStation Sony yang baru, sebuah layanan gratis untuk matchmaking, komunitas, dan pembelian online seperti musik, film, dan game, juga download. Dengan PS3, user juga dapat membuat banyak profil online, mengatur daftar teman, mengirim pesan pribadi (text, audio, ataupun video), dan browsing Internet gratis. Seperti PS3, Wii juga menawarkan game online gratis. WiiConnect24, sebuah fitur yang dapat memudahkan user untuk menerima download content walaupun ketika sistem mati. Sementara Wii Browser merupakan versi Opera yang dimodifikasi untuk Wii-mote. User dapat bermain Wii di online jika ada teman yang memberikan kode seperti pada Nintendo DS. Namun game online Wii tersebut berkebalikan dengan dua tahun lalu, dimana Nintendo tidak menyediakan online play ketika itu.

Segi Extra Fungsionalitas. PS3 bukan hanya game console, tetapi juga dapat memainkan film Blu-ray, suara yang lebih baik daripada DVD dan memiliki Super Audio CD, Sony audiophile dengan format suara musik. Harddisk PS3 juga dapat meyimpan video, audio, dan foto yang dapat diakses secara wireless menggunakan PSP. Sementara interface Wii dibagi dalam beberapa channel yakni Mii Channel (didesain untuk avatar), Weather Channel (mendapatkan prakiraan cuaca real-time), dan Photo Channel (untuk pengaturan foto). Wii kompatibel dengan permainan GameCube (dengan sebuah panel kecil di samping untuk membuka empat port pengontrol), namun tidak memainkan fitur DVD.

(h_n)


sumber : www.beritanet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar